10 March, 2009

Ratu Dangdut



Biografi :

Elvi Sukaesih adalah penyanyi dangdut legendaris, dan mendapat julukan sebagai Ratu Dangdut-nya Indonesia. Elvi yang lahir di Jakarta, 25 Juni 1951 itu, mulai menyanyi sejak di kelas 3 Sekolah Dasar (SD), disusul kemudian penampilannya sebagai bintang di sejumlah film layar lebar.

Kariernya mulai menanjak pada awal tahun 1970-an ketika menjadi penyanyi pendamping bagi Raja Dangdut, Rhoma Irama untuk Orkes Melayu (OM) Soneta. Namun demikian Elvi sebelumnya telah popular dalam pentas panggung.

Sekitar 1975 pelantun lagu Bisik-bisik Tetangga ini berpisah dari Soneta dan memilih jalur solo karir hingga saat ini.

Sementara terkait kehidupan pribadinya, Elvi menikah dengan pemuda keturunan Arab, Zaidun Zeth di saat usianya muda.


Elvy Sukaesih bagi-bagi resep sukses

SINGGASANA Kerajaan Dangdut bukan saja belum menggoyahkan sang Raja, Rhoma Irama, melainkan juga Ratu-nya, Elvy Sukaesih. Dua sejoli yang lama berpisah ini masih dipilih untuk tampil pada event-event istimewa, seperti pergantian tahun.

Dalam menyambut datangnya tahun baru 2003 lalu, misalnya, ketika Raja
dangdut Rhoma Irama tampil di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sang Ratu dangdut Elvy Sukaesih mendapat job di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
Penyanyi 56 tahun, kelahiran Jakarta, 25 Juni 1951 ini, kini semakin giat mendekatkan diri kepada Allah setelah kehilangan suami tercintanya, 2003 lalu. “Rasa kehilangan itu masih terasa, bukan masih hangat lagi, tapi masih panas,” kata artis yang senang dipanggil Ummi Elvy ini.
Bayangan suaminya memang masih melekat, karena biasanya, sehabis show,
suaminya akan memberikan penilaian, berdiskusi, sholat bersama, menciumnya, dan memberikan pujian sekadarnya, yang justru menambah keyakinan Elvy dalam berkarier. “Apa yang saya lakukan ini pun dalam doa dia,” kata Elvy, yang mengaku masih sering menangis kalau berada di rumah.



Peraih penghargaan Anugerah Dangdut TPI 2002 sebagai penyanyi rekaman lagu dangdut wanita terbaik, lewat lagu yang diciptakan Chossy Pratama, Mimpi Indah ini mengharapkan, mengharapkan perkembangan musik dangdut nantinya tetap berpegang pada pure dangdut.
“Hanya saja, karena sekarang ini banyak pembajak, makanya banyak pencipta lagu yang malas membuat lagu baru. Akibatnya produser memakai apa saja yang ada. Dapat dikatakan lagu dangdut terbaru sekarang ini hanya Goyang Dombret saja,” ujar Elvy Sukaesih, yang merintis karis nyanyi sejak klas SD dan kini memiliki berat badan 57 kilogram.

Berbeda dengan Fitria, salahsatu pewaris darah artisnya, Elvy terus menekuni dunia dangdut. Dan dia tidak pernah menganggap enteng lagu baru yang dinyanyikannya. “Semua yang saya capai ini adalah rahmat Allah dan atas seizin Allah, “ katanya merendah.
Tentang resep suksesnya sebagai artis penyanyi yang menggetarkan dan eksis di antara banjirnya wajah baru, Elvy mengungkapkan salahsatunya: “Saya tidak pernah menganggap enteng pada lagu yang baru saya terima. Semuanya saya pelajari dengan sungguh-sungguh,” katanya.


Nama : Elvy Sukaesih Kelahiran : Jakarta, 25 Juni 1951 Suami: Zaidun Zeth Anak : 6 orang (Haedar, Fitri, Ali Zaenal Abidin, Syechans, Wirdha Sylvina dan Dhawiya) Orangtua : Mohammad Ali / Rohayah Asiah Pendidikan: - SD - SMP Srikandi, Jakarta (1964) Karier : Penyanyi Dangdut , pemain film . Organisasi: Ketua Ikatan Artis Dangdut Indonesia (IKARDI) Film : Karena Penasaran, Tuyul, Irama Cinta, Senggol, Senggolan, Cubit-Cubitan, Mana Tahan



0 komentar:

Post a Comment